Tips 4 Cara Menjaga Lisan Atau Perkataan

Tips menjaga lisan supaya jauh dari kesalahan dalam mengontrol perkataan.

1. Anggaplah semua perkataan akan disaring oleh lawan bicara, jangan berbicara yang tidak bermanfaat. Abu Dzar al Ghiffari menganjurkan, bagilah perkataanmu menjadi dua perkataan, yaitu perkataan yang bermanfaat dalam hal ukrawiy dan duniawi.

2. berkata dengan benar dan jujur. Berkata yang sesuai dengan fakta yang terjadi dan jujur dan tulus sampai ke dalam hati baca tips berkata jujur. Konon di antara pesan sunan kali jaga adalah jadilah seperti Pohon Asem, daunnya asem, kulitnya asem buahnya juga asem bahkan kayunya pun asem, artinya dhahir bathin harus sesuai dan lurus, jujur mengaku apa adanya. Zaman sekarang susah di temui orang jujur. Terkadang banyak kita jumpai penampilannya tidak sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Berpakaian seperti ulama’ tetapi tingkahnya seperti luak (musang).

3. Banyak bicara akan mengeraskan hati. Isa as berkata:

لا تكثيروا الكلام فى غيرذكر الله فتقسوقلوبكم والقلب القاسى بعيد من الله ولكن لاتعلمون
Artinya:
“janganlah engkau banyak berkata tanpa dzikir kepada Allah sehingga hatimu menjadi keras, hati yang keras menyebabkan jauh dari Allah tetapi engkau tidak sadar”

4. Tidak menjaga lisan menyebabkan seretnya rizki. Ada sebagian sahabat yang mengatakan :” jika anda melihat di dalam hatimu keras, dan badanmu lelah, rizkimu seret, maka ketahuilah seseungguhnya engkau telah mengatakan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s