Tidur Berkualitas Bantu Menurunkan Berat Badan

Hasil penelitian para ilmuan yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine dan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism membuktikan bahwa kualitas tidur dapat mempengaruhi nafsu makan, yang bisa berpengaruh pada indeks massa tubuh (BMI).

Apabila seseorang melakukan tidur malam yang baik dan berkualitas, sekurang-kurangnya 8 jam, tubuhnya akan memproduksi hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan. Dengan hormon leptin dalam kadar yang cukup, orang akan merasa kenyang dan puas setelah makan sehingga tidak perlu lagi makan banyak untuk membuat perut merasa kenyang,.Tidur atau istirahat yang cukup dan berkualitas juga mengatur hormon ghrelin, yaitu hormon yang berfungsi meningkatkan nafsu makan. Kurang tidur membalikkan efek positif, dengan membuat produksi leptin berkurang dan ghrelin lebih banyak, sehingga orang akan merasa kurang puas setelah makan dan akibatnya akan makan lebih banyak dan lebih sering, yang berimbas dengan kenaikan berat badan. Kurang tidur atau istirahat dapat mendorong orang ingin makan terus dengan porsi yang lebih besar. Hal ni disebabkan oleh jam internal tubuh yang tidak normal, sehingga kebanyakkan orang yang kurang tidur atau istirahat akan mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

Selain itu, kurang tidur dan istirahat juga bisa membuat seseorang tidak berenergi, sehingga mempunyai keinginan yang besar untuk makan makanan yang manis dan mengandung zat tepung, atau yang lebih buruk lagi dengan minum minuman sirup jagung fruktosa tinggi. Makanan-makanan tersebut dapat memberikan energi tubuh secara cepat tetapi menyebabkan kadar glukosa dalam darah naik dan turun secara drastis, yang pada akhirnya membuat seseorang lebih cepat lapar dan banyak makan.

Hasil penelitian para ilmuan menujukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam setiap malam dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas atau masalah berat badan yang berlebihan, diabetes dan masalah kesehatan lainnya dalam banyak studi klinis. Sedangkan, tidur lebih dari 9 jam tidur per malam juga tidak baik karena bisa meningkatkan risiko stroke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s