Tips 6 Cara Langkah Mudah Mengatasi Jerawat

Meskipun banyak produk untuk mengatasi jerawat di luar sana, namun Anda tidak tahu mana yang tepat untuk kulit Anda. Terlepas dari hal tersebut, Anda dapat mencegah si jerawat datang sekaligus menjaga kesehatan kulit Anda jangka panjang, dengan melakukan perawatan yang tepat. Sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda adalah pemenuhan nutrisi yang seimbang dan perawatan wajah yang benar. Berikut ini 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat. Dan Anda akan merasakan perubahannya dalam 4 minggu, apabila melukakannya secara konsisten.

1. Basuh wajah dua kali sehari dengan sabun khusus jerawat.

Bagi Anda yang berjerawat sebaiknya menggunakan sabun khusus jerawat, dan menggunakannya dua kali sehari, yang penting untuk Anda ketahui saat membeli produk perawatan jerawat adalah yang adanya kandungan sulfur di dalamnya. Membasuh muka dapat Anda lakukan saat bangun tidur di pagi hari, dan saat usai beraktivitas seharian atau malam hari sebelum tidur. Saat membasuk muka, lakukan dengan lembut, hindari bahan yang terlalu keras yang dapat menyebabkan iritasi. Terlalu sering membersihkan wajah sangat tidak disarankan, ubah persepsi Anda tentang yang masih beranggapan bahwa membersihkan wajah sesering mungkin akan menjaga kulit Anda dari segala macam masalah kulit, karena membasuh wajah terlalu sering akan menstimulasi kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum, yang memicu timbulnya jerawat.

2. Jauhkan rambut Anda dari wajah

Apabila Anda memiliki rambut atau poni yang panjang, sebaiknya Anda menjauhkan akses rambut Anda yang mengganggu wajah, terutama bagi Anda yang berjerawat. Bagi yang memiliki rambut panjang Anda dapat mengikatnya, dan menarik poni kebelakang. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Hal ini karena rambut Anda mengandung minyak, yang menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah kulit.

3. Asupan nutrisi yang seimbang

Timbulnya jerawat dapat juga menjadi pertanda terdapat masalah pada tubuh Anda. Kondisi Kulit Anda bergantung pada nutrisi yang Anda konsumsi. Apabila tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, maka tubuh akan melakukan perlawanan. Salah satu perlawanan tersebut adalah dengan memproduksi sebum yang berlebih, pori-pori tersumbat, dan menghambat kemampuan kulit Anda untuk melawan serangan bakteri, singkat kata melemahnya sistem imun. Oleh karena itu senantiasa konsumsi makanan kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan lain lain, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Masker Madu Untuk Jerawat

Gunakan masker madu pada wajah setidaknya satu atau dua kali seminggu. Madu memiliki kandungan antibacterial yang berfungsi untuk melindungi kulit dari serangan bakteri, selain itu untuk menghilangkan noda pada wajah. Masker ini cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitive.

5. Hindari memencet, menggaruk dan menekan jerawat.

Mungkin Anda merasa geli saat melihat jerawat muncul di wajah, dan ingin segera menghilangkannya. Sebaiknya tahan diri Anda untuk melakukan hal tersebut. Pada awalnya mungkin jerawat akan hilang, namun tidak lama kemudian pasti akan muncul jerawat baru. Selain itu memencet, menggaruk, dan menekan jerawat dapat meninggalkan bekas yang permanen, atau menyebabkan jerawat semakin membengkak.

6. Lakukan perawatan dini

Perawatan disini adalah perawatan jerawat melalui jalan medis, yakni berkonsultasi ke dokter kulit. Untuk menghindari jerawat yang meradang, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter kulit, sehingga hal tersebut dapat dihindari dengan penanganan dini. Selain itu dengan berkonsultasi secara rutin, akan membantu Anda memperoleh pencerahan tentang produk perawatan yang sesuai untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s