Tips 6 Cara Yang Harus Diperhatikan Saat Mewarnai Rambut di Rumah

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Mewarnai rambut di rumah sebenarnya relatif mudah, namun keberhasilannya sangat ditentukan oleh kondisi rambut Anda. Jika kondisi rambut Anda buruk dalam artian kering dan rusak, jangan pernah mewarnainya sendiri di rumah karena warna yang di aplikasikan nantinya justru akan tampak tidak jelas. Selain itu, apabila rambut Anda memilikki tingkat kehitaman yang berbeda-beda, lebih baik mintalah bantuan pada ahlinya untuk mengaplikasikan warna yang sesuai. Dan jika Anda ingin mengubah penampilan rambut secara drastis dengan warna-warna kontras atau highlight khusus, menyerahkannya pada ahli di salon adalah hal terbaik.

2. Pada umumnya, produk pewarna rambut di salon memilikki kandungan dan formula yang lebih baik daripada produk pewarna rambut yang biasa kita jumpai di pertokoan. Selain itu, salon biasanya juga menyediakan warna-warna dan tone yang lebih beragam sehingga kita bisa memilih sesuai keinginan. Namun saat ini, produk-produk pewarnaan rambut untuk rumah pun tak kalah bagus dengan yang di salon, terutama apabila digunakan dengan baik dan terartur.

3. Dalam memilih warna cat, ada dua hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu warna kulit dan warna alami rambut Anda. Jika Anda ingin mengubahnya lebih terang atau lebih gelap, sebaiknya warnanya tidak terlalu jauh dari warna alami rambut Anda. Maksimal sekitar tiga tingkat lebih terang atau lebih gelap agar tetap terlihat alami.
Berikut adalah beberapa saran warna rambut sesuai warna kulit Anda:
Kulit gelap/olive : rambut gelap kehitaman
Kulit kekuningan : warna gelap, bisa juga merah kecoklatan
Kulit putih/pucat : Hampir semua jenis warna rambut sesuai dengan kulit ini
Kulit agak merah muda/pink : Warna-warna netral seperti warna pasir, beige blonde atau coklat. Hindari warna merah dan golden.
Jika Anda tahu warna baju yang paling sesuai dengan Anda, hal itu juga bisa jadi pertimbangan dalam memilih warna rambut. Sebagai contoh, apabila Anda cocok dengan pakaian-pakaian berwarna merah, oranye, kuning emas, coklat dan olive green, maka warna-warna seperti golden blonde, golden brown dan merah kecoklatan akan bagus untuk rambut Anda.

4. Sebelum mulai mewarnai rambut, siapkan dulu material-material yang diperlukan seperti kaos dan handuk, jepit rambut untuk memudahkan mengelompokkan rambut, serta kaca kecil untuk melihat bagian belakang kepala. Lakukan pewarnaan dengan hati-hati dan teliti, dan usahakan jangan sampai cat terciprat kemana-mana.

5. Jika Anda tidak menyukai hasil pewarnaan rambut Anda, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak produk pewarna rambut yang bisa digunakan untuk mengatasi hal itu. Namun masalahnya adalah apabila Anda terlanjur mewarnainya dengan warna terang dan Anda tidak puas, Anda harus pergi ke salon untuk memperbaikinya. Membeli cat rambut dengan warna yang sama dengan rambut asli kita tidak akan mempan untuk mengatasi masalah ini.

6. Sebaliknya, jika Anda menyukai hasil pewarnaan yang Anda lakukan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan warnanya. Selain memakai shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai, ada baiknya Anda juga menghindari terpaan sinar matahari dan kolam berklorinasi agar warnanya tidak cepat pudar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s