Tips Cara Aman Pakai Lensa Kontak

Berikut beberapa tip sederhana yang bisa menjadi panduan Anda.

Tips Memakai Lensa Kontak

Saat pertama kali memakai lensa kontak, mungkin Anda akan merasa agak cemas, tapi Anda akan terbiasa seiring waktu. Pertama sekali, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum memegang lensa. selain itu, keringkan tangan terlebih dahulu dengan handuk yang bersih. Cara terbaik memasukkan lensa adalah dengan mengambilnya dari tempat lensa dan menempatkannya di ujung jari telunjuk.

Selanjutnya, tarik ke bawah kelopak bawah mata dengan jari tengah tangan yang sama. Tarik ke atas kelopak mata atas dengan jari telunjuk tangan yang satunya kemudian lihat ke atas. Tempatkan lensa pada bagian bawah mata yang berwarna putih kemudian angkat tangan Anda. Lihat ke bawah dan tutup mata Anda, lensa akan menemukan posisi yang tepat. Lakukan hal yang sama pada mata yang satunya. Dengan sedikit latihan, Anda akan mahir memasukkan lensa Anda dengan cepat tanpa masalah yang berarti.Jaga lensa agar tetap di mata kanan atau kiri

Banyak pemakai lensa kontak yang mempunyai resep yang berbeda untuk kedua mata. Hal ini bisa disebabkan mata yang satu lebih lemah dibandingkan yang lain atau hanya karena ukuran mata yang satu berbeda dengan yang lain. Kalau Anda mempunyai resep lensa kontak yang berbeda pada kedua mata, sangat penting untuk menjaga agar lensa tidak masuk ke mata yang salah.

Sebagian besar optician menganjurkan Anda untuk menyelesaikan satu per satu. Misalnya, jika hendak mengeluarkan atau memasukkan jangan serentak. Keluarkan dari satu sisi mata terlebih dahulu dan langsung letakkan di tempat penyimpanan, baru dilanjutkan dengan mata satunya. Hal ini juga dilakukan saat pemakaian. Cara ini, menurut sebagian besar optician, efektif menghindari kemungkinan salah pakai.

Memakai makeup dengan lensa kontak

Jika hendak memakai makeup, maka soft contact lense dimasukkan sebelum memakai makeup, sedangkan hard contact lense sebaiknya dimasukkan setelah memakai makeup. Tip lainnya adalah dengan menghindari maskara yang berfungsi melentikkan bulu mata serta maskara yang tahan air. Sebaiknya, Anda juga jangan memakai eyeliner di garis bulu mata. Jika Anda dituntut untuk selalu memakai makeup, pilihlah makeup dengan cara membaca label terlebih dahulu. Ada juga produk-produk tetentu yang telah diuji coba dan dinyatakan aman bagi pemakai lensa kontak.

Hairspray dengan lensa kontak

Idealnya, Anda memakai hairspray sebelum memasukkan lensa kontak. Hal ini untuk menghindari masuknya sisa hairspray yang akan tetap berada di udara selama beberapa detik setelah penyemprotan. Bahan sisa ini bisa mengganggu lensa kontak dan memicu berbagai masalah mulai dari rasa tidak nyaman ringan hingga infeksi. Jika harus memasukkan lensa kontak sebelum memakai hairspray, tutuplah mata selama menggunakan hairspray dan beberapa detik setelahnya.

Jadwal pemakaian lensa kontak

Bagi Anda yang masih baru mengenakan lensa kontak, Anda biasanya memerlukan waktu penyesuaian sebelum memakai lensa untuk jangka waktu yang lama. Optician biasanya akan merekomendasikan jadwal pemakaian. Jadwal ini biasanya termasuk memakai lensa kontak untuk jangka pendek pada beberapa hari pertama selanjutnya menambah waktu pemakaian. Dengan mengikuti jadwal ini, Anda akan terhindar dari ketidaknyamanan yang berkaitan dengan pemakaian lensa kontak terlalu lama sebelum mata terbiasa.

Membersihkan makeup dan lensa kontak

Pastikan dulu Anda sudah mengeluarkan lensa kontak sebelum membersihkan makeup. Hal ini berlaku untuk soft maupun hard contact lenses. Hal ini sangat penting untuk menghindari dampak masuknya sisa makeup ke dalam mata saat proses pembersihan. Jika sisa makeup ini masuk ke lensa kontak maka bisa menambah rasa tidak nyaman sekaligus memicu infeksi jika sia makeup tersebut merusak permukaan mata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s