Tips Cara Atau Metode Pengajaran Di Dalam Kelas

Guru menghadapi banyak tantangan, termasuk ketidaksediaannya sumber daya. Bahkan guru berpengalaman sekalipun akan memasukkan topik dan metode pengajaran yang baru setiap kali mereka mendapatkan sebuah kelompok baru. Untuk alasan ini, guru mungkin ingin menambahkan beberapa tips mengajar untuk rencana pembelajaran dan tes.

Libatkan Siswa

Kuliah mahasiswa lama dapat melahirkan, dan tidak semua siswa belajar dengan cara yang sama, Menurut sebuah laporan UNESCO Asia dan Pasifik Biro Regional untuk Pendidikan, pembelajaran yang lama tidaklah efektif, mengingat tidak semua siswa belajar dengan cara yang sama. Agar lebih efektif, desain pembelajaran anda dengan metode yang mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi. Contoh tugas kelompok, diskusi kelompok atau percobaan.

Pemimpin Kelompok

Dalam setiap kelas, anda akan menemukan siswa dengan keterampilan dan kemauan untuk memimpin siswa lain. Identifikasikan siswa secepat Anda bisa, dan menggunakannya untuk memandu kegiatan dan disiplin didalam kelas. Dengan cara ini, para siswa dapat melihat pembimbing selain anda.

Suasana

Perhatikan suasana yang anda buat di dalam kelas, karena lingkungan memiliki pengaruh atas suasana hati siswa. Anda juga dapat menciptakan suasana dengan cara pembawa diri dan bagaimana anda berbicara. Mendapatkan kontrol dari lingkungan dan perilaku Anda sendiri, membuat kesan yang tepat pada siswa.

Pengaturan

Sebelum mengatur kelas anda, aturlah diri anda terlebih dahulu. Buat rencana pelajaran dengan jelas dan ringkas. Periksa bahwa anda telah memiliki semua bahan yang Anda butuhkan dan berada dalam posisi di mana Anda dapat mengaksesnya dengan mudah. Perlu diingat bahwa waktu yang dihabiskan untuk mencari bahan yang anda butuhkan, dapat mengurangi waktu anda mengajar.

Evaluasi dan Tanggapan

Menyediakan waktu bagi siswa untuk memberikan umpan balik. Hal ini memungkinkan anda untuk melihat dan menentukan efektivitas pengajaran Anda, serta mencari cara untuk memperbaiki kesalahan dalam pengajaran ada di dalam kelas. Misalnya, meminta siswa menceritakan materi apa yang belum dipahaminya, atau menilai perilaku siswa selama kegiatan. Tanyakan diri sendiri apakah menggunakan metode evaluasi yang sama, akan mendapatkan umpan balik dengan hasil yang sama. Jika jawabannya tidak, sebaiknya anda memikirkan kembali metode pengajaran yang anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s