Tips Cara Melatih Anak Menerima Instruksi

Secara sederhana, cara mendidik anak dapat dimulai dengan membiasakan mereka menerima instruksi sederhana dari ayah-ibu. Namun, kenyataan yang terjadi kerap orang tua dibuat frustasi karena anak-anaknya tidak mau menurut. Bahkan tak jarang, si kecil justru tidak mau mendengar dan langsung melanjutkan permainannya.
Nah, jangan lekas menyerah menghadapi kondisi ini. Sesulit apapun penerimaan buah hati Anda, pada dasarnya mereka dapat diatur, bila dibiasakan sejak kecil.
Orang tua harus memiliki kesabaran untuk mencapai tujuan tersebut. Karena, dengan bekal ketekunan dan kesabaran, menjadi kunci untuk membiasakan anak menerima instruksi. Niscaya si kecilpun akan mengikuti. Berikut ada 4 cara sederhana yang dapat Anda coba:
Pertama, dapatkan perhatian anak. Ketika hendak memberikan istruksi sebaiknya jangan berdiri atau duduk kurang dari setengah meter darinya. Kemudian bicaralah dengan suara normal, tenang dan menyenangkan, jangan bernada ketus dan galak.
Kedua, bicaralah dengan kata-kata yang jelas dan ringkas. Semakin sedikit kata akan lebih baik. Jangan berikan instruksi yang terlalu panjang dan banyak karena dia dapat kewalahan dan mudah lupa.
ketiga, berpikir secara realistis. Berikan instruksi yang Anda tahu dia bisa mengikuti sesuai tahapan umurnya. Contohnya, jangan harap anak umur tiga tahun sudah fasih memakai pakaiannya sendiri dengan baik.
Keempat, berikan pujian. Bila anak berhasil menjalani instruksi yang diberikan, jangan segan memberikan pujian kepadanya. Hal tsb akan mendorong dia untuk terbiasa mengikuti instruksi Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s