Tips Cara Mendeteksi Autisme Semenjak Usia Dini

Autisme pada anak dapat diketahui sejak usia pertama. Para iluwan mengatakan bahwa anak-anak dengan bakat autisme sudah menunjukkan tanda-tanda yang berbeda dalam respon otak mereka. Peneliti Inggris mempelajari 104 bayi usia enam sampai 10 bulan. Mereka menemukan bahwa anak-anak dengan bakat autisme memiliki pola yang tidak lazim pada aktivitas otaknya, yakni terhadap kontak mata dengan orang lain.

“Tindakan mendiagnosa otak secara langsung pada penelitian ini dapat membantu memprediksi resiko autisme pada anak sejak usia enam bulan,” kata Prof Mark Johnson dari Birkbeck di University of London.

Autisme pada anak mencakup gangguan keterbelakangan mental dan ketidakmampuan berkomunikasi dengan gejala yang relatif ringan, seperti terlihat pada orang dengan sindrom Asperger. Melalui penelitian ini, dokter dapat mendiagnosa kondisi otak sejak dini, sehingga dapat membantu anak-anak dengan bakat autisme untuk mengembangkan kemampuan berkomunkasi dan bersosialisasi dengan baik.

Menurut Prof Johnson, perilaku autistik cenderung tidak terlihat sebelum usia 2 tahun, dan diagnosa biasanya dibuat setelah usia ini. “Karena tidak ada tanda-tanda perilaku autisme pada bayi usia dibawah 1 tahun, kami ingin melihat apakah dengan mendignosa aktivitas otak secara langsung, kita mungkin dapat melihat tanda-tandanya dengan lebih dini,” kata Prof Johnson.

Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan sensor yang ditempelkan pada kulit kepala bayi untuk melihat aktivitas otak, sementara memandangi wajah mereka untuk meneliti kontak mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang berkembang normal memiliki aktivitas otak yang jauh lebih banyak ketika seseorang memandangi wajah atau melakukan kontak mata dengan mereka. Berbeda dengan bayi dengan gejala autisme yang memiliki aktivitas otak jauh lebih sedikit saat seseorang melakukan kontak mata dengan mereka.

Bagaimanapun, para peneliti memperingatkan bahwa prediksi ini tidak 100 persen akurat. Prof Johnson mengatakan, penelitian ini adalah langkah pertama untuk mendiagnosa autisme pada usia dini, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai aktivitas otak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s