Tips Cara Aman Mengemudi Sepeda Motor Dalam Keadaan Hujan

Berikut adalah Tips Cara Aman Mengemudi Sepeda Motor Dalam Keadaan Hujan 

Menggunakan Kaca helm bening 

Sebelum anda berangkat pastikan jaket sudah terpasangan di bagasi sepeda motor anda. Sebaiknya anda menggunakan jaket yang bermode baju dan celana terpisah. Menggunakan sarung tangan antihujan dari bahan kulit dan sepatu yang telapaknya tidak licin sehingga lancar saat pengoperasian tuas persneling dan menginjak pedal rem.

Menggunakan helm full-face (kepala tertutup)
Menggunakan model helm full-face dapat meningkatkan kewaspadaan anda dalam berkendaraan.

Pengecekan sepeda motor
Jika anda pecinta sepeda motor, pasti tahu mana yang baik dan buruk dari sepeda motor anda dan solusi yang terbaik adalah kenyamanan berkendaraan adalah hal yang paling utama.

Pengecekan ban secara maksimal
Ketika berkendaraan di jalan licin, perhatian utama pada kendaraan adalah traksi. Sebab, fenomena kebiasaannya pengendara tidak mengetahui berapa kuat daya cengkeram ban, baik saat mengerem maupun manuver di tikungan. Makanya, pemilik sepeda motor harus mengetahui kondisi kedua ban. Jika kondisi kembangan ban tinggal 50 persen, jangan melakukan pengereman dengan keras dan menikung dengan kecepatan tinggi.

Selalu santai dan fokus
Sisarankan janganlah sekali-sekali kedua kaki lepas dari pedal (menggantung karena jaga-jaga bila kendaraan terguling). Lalu, letakkan jari-jari kaki pada pedal, tujuannya untuk mengontrol bila terjadi sesuatu.

Memperhatikan kecepatan
Jika anda berkendaran saat hujan kuncinya fokus pada kecepatan anda. Pengereman dan buka-tutup pedal gas seperti menaikkan atau menurunkan gigi persneling harus dalam kedaan halus dan tidak tersendat..

Pengereman harus maksimal
Hindari penggunaan melakukan pengereman secara keras dan cepat. Jika dalam keadaan licin sebisa mungkin rem depan jangan anda nomer satukan, walaupun darurat cukup berlahan dan sedikit saja, karena medan licin menggunakan rem depan sangat membahayakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s