Bekerja Dalam Team Kecil Bikin IQ Jeblok

Bekerja dalam tim yang tak terlalu besar, memang lebih efisien. Itu karena, Anda berhadapan dengan segelintir orang. Tapi, hal ini bisa menurunkan tingkat intelegensia seseorang yang IQ-nya di atas rata-rata.

Ternyata, bekerja dalam kelompok kecil, bisa membuat level IQ ‘si pintar’ sedikit menurun. Ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan tim dari Virginia Tech, Amerika Serikat.

Melibatkan para mahasiswa dengan level IQ yang di atas rata-rata, penelitian dilakukan dengan meminta mereka membentuk sebuah kelompok. Mereka pun diberi tugas untuk memecahkan masalah, yang sebenarnya tes IQ.

Hasil tes menunjukkan, level IQ sebagian besar dari mereka menurun dibandingkan dengan hasil tes IQ individual. Pada bagian penelitian selanjutnya, para ilmuwan mengatakan pada para mahasiswa kalau skor IQ mereka sedang dibandingkan. Mahasiswa yang mengungkap kalau tak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan semangat, hasil tes IQ-nya lebih rendah. Juga diketahui, wanita ternyata yang lebih mungkin terpengaruh kelompok dinamis daripada pria. Meskipun, mereka memiliki skor yang sama pada tes IQ individual sebelumnya.

Jadi, ketika Anda harus bekerja dalam sebuah tim kecil, jangan heran kalau ide terkadang sulit berkembang. Bisa jadi karena Anda ‘terjebak’ dalam kelompok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s