Manfaat Dan Khasiat Minyak ikan

Manfaat Dan Khasiat Minyak ikan – Jenis dari kalangan minyak-minyakan yang satu ini mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita. Tapi bukan berarti minyak yang satu ini buat menggoreng melainkan minyak tersebut dikonsumsi seperti obat. Hal tersebut dikarenakan minyak ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.
Banyak kandungan yang ada dalam minyak ikaan ini seperti sumber zat gizi, sumber lemak yang rendah kolesterol dan banyak lagi yang lainnya. Makannya sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat untuk memberikan label “aman” untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, maupun orang dewasa.Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan, kaya akan gizi yang membantu proses tumbuh kembang otak (kecerdasan), dan pekermbangan indera penglihatan, dan sistem imun tubuh bayi dan balita. Mengkonsumsi minyak ikan dapat menghindari dari berbagai penyakit, karena minyak ikan mengandung anti bodi yang cukup kuat pula.

Manfaat Dan Khasiat Minyak ikan
– sumber lemak yang rendah kolesterol
Minyak ikan yang termasuk bahan makanan sumber lemak yang rendah kolesterol, juga aman untuk dikonsumsi orang dewasa. Ini terbukti dari pola hidup bangsa Eskimo. Ya, mereka gemar mengkonsumsi minyak ikan, dan hanya sedikit dari mereka yang terkena serangan jantung koroner.
– asam lemak omega-3
Membantu agar pembuluh darah menjadi kuat, memperbaiki tekanan darah pada penderita hipertensi, dan semua penyakit yang berhubungan dnegan gangguan pembuluh darah. Dalam sebuah studi klinis terbaru di Australia, mengkonsumi minyak ikan dengan teratur mampu menurunkan risiko kematian pada penderita kelainan jantung dan pembuluh darah.
– vitamin A dan D
Befungsi untuk membantu proses perkembangan mata, menjaga kesehatan mata, menumbuhkan dan membentuk tulang dan gigi agar kuat. Kadar kedua vitamin ini akan meningkat seiring dengan pertumbuhan usia ikan. Sebab itu, jauh lebih baik mengkonsumsi ikan yang sudah ’dewasa’ ketimbang ikan yang masih berusia kanak-kanak.
– Menghindari kebutaan
Bagi orang berusia lanjut, rutin mengkonsumi minyak ikan sebanyak dua kali seminggu, dapat menghindari mereka dari ancaman kebutaan akibat gangguan penglihatan degeneratif yang dikenal sebagai Age-related Macular Degenaration (AMD). Gangguan ini terjadi akibat penipisan dan pendarahan di sekitar daerah pusat retina mata. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, sel-sel retina mata akan diperbaharui.
– Asam lemak omega-3 jamak
mampu menurunkan kadar superoksida yang merusak jaringan otot jantung. Agar kandungan asam lemaknya tidak hilang saat diolah, ikan ini jangan digoreng melainkan cukup direbus. Untuk menjaga kualitas minyak ikan, simpanlah minyak ini dalam wadah yang tertutup rapat-rapat, dan letakkan di tempat yang sejuk.
Minyak ikan adalah salah satu zat gizi yang mengandung asam lemak kaya manfaat itu, karena mengandung sekitar 25% asam lemak jenuh dan 75% asam lemak tidak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA ) di dalamnya akan membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.

Meski demikian, terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh, dan menimbulkan keracunan vitamin A dan D. Ini karena minyak ikan berasal dari ekstrak hati ikan, sedangkan salah satu fungsi hati ikan adalah menyaring racun. Anda disarankan mengkonsumsi dua ikan berlemak setiap minggu, atau 800 sampai 1000 miligram per hati. Untuk memberi minyak ikan pada anak, berikan sesuai dengan berat badannya. Misal, jika anak memliki berat badan 10 kilogram, dia cukup mengkonsumsi minyak ikan sebanyak satu sendok teh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s