Manfaat Dan Khasiat Sayur Bayam

Manfaat Dan Khasiat sayur bayam – Sayuran yang berdaun lebar ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Ada dua jenis bayam, yaitu jenis bayam hijau dan jenis bayam merah. Karena bayam merupakan sayuran hijau maka bayam kaya dengan vitamin A, C dan E serta zat besi seperti fosforus, sodium potasium, magnasium mangan, zink, kaya dengan zat mineral seperti kalsium, kalium dan Beta Karotena.
Manfaat Dan Khasiat Sayur Bayam
Bayam dipercayai memberi khasiat kepada anak, ibu yang menyusu dan penderita yang mengidap demam panas, kurang darah, mengalami pendarahan dan mereka yang menghadapi masalah ginjal. Bayam tua yang direbus dan diminum dapat membaiki kualiti penglihatan dan memperkuat fungsi hati.– Vitamin A
Vitamin A dalam bentuk retinal akan bergabung dengan opsin (suatu protein) membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen penglihatan. Vitamin A dapat membantu limposit (salah satu tipe sel darah putih) untuk berfungsi lebih efektif dalam melawan infeksi (antibody). Memelihara kesehatan sel-sel epitel pada saluran pernapasan. Memicu pertumbuhan. Menangkal radikal bebas. Membentuk dan memelihara pertumbuhan tulang dan gigi. Memelihara kesehatan kulit dan rambut. Selain itu mendukung proses reproduksi.
– Vitamin C
Vitamin C dalam jumlah tepat secara teratur, dapat menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, sekaligus menghambat kinerja enzim tirosinase; yaitu enzim yang bertugas membantu pembentukan pigmen di kulit. Jika proses pigmentasi terhambat, kulit pun terlihat lebih bersih dan cerah.
– Vitamin E
Vitamin E sebagai vitamin antioksidan yang mampu melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Fungsinya bisa untuk mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah, mencairkan darah beku, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menguatkan dinding pembuluh darah kapiler, meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kerja insulin, serta meningkatkan kekuatan otot dan stamina.
– Zat besi
zat besi punya peran vital bagi tubuh kita. salah satu fungsi utamanya adalah transportasi utama dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. jadi fungsinya betul betul sangat penting. selain itu zat besi berperan dalam produksi hemoglobin dan menyokong sistem kekebalan tubuh. jadi jika kekurangan zat besi, resiko terserang penyakit jadi besar.
– Zat mineral
Bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi, bertanggung jawab pada kontraksi otot, impul saraf, kerja jantung, dan pembekuan darah yang benar. Mendukung struktur tulang, hati, menjaga keseimbangan alkalin tubuh. Menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan impul saraf. Memaksimalkan membran sel, penting untuk ritme jantung. Sintesis protein, transportasi karbondioksida, memengaruhi fungsi seksual, metabolisme karbohidrat, menyembuhkan luka. Penting untuk formasi hemoglobin, transportasi oksigen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s