Tips 3 Cara Memulai Bisnis Layanan Rumah Tangga

Berikut Adalah Tips 3 Cara Memulai Bisnis Layanan Rumah Tangga

1. Lebih Menguntungkan. Sebelum menekuni, ada baiknya Anda memahami dulu system kerja bisnis layanan rumah tangga. Apa pun usaha yang Anda pilih, yang pasti banyak keuntungan bisa didapatkan. Pertama, berhubung usaha jasa ini mengandalkan panggilan, maka modal utamanya adalah telepon atau handphone. Jadi, sudah dipastikan modal yang Anda perlukan tidak besar. Toh, Anda akan lebih banyak menerima panggilan. Dengan beberapa juta saja usaha ini sudah berjalan. Dan itu pun untuk melengkapi sejumlah alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalnya, Anda memilih bisnis layanan rumah tangga berupa laundry panggilan. Alat yang dibutuhkan antara lain: mesin cuci plus pengering, steamer atau strika uap (setrika biasa pun bisa). Pasalnya, Anda hanya datang menjemput pakaian kotor, mencucinya di temapt Anda dan mengantarkan kembali ke pelanggan dalam keadaan bersih dan rapi. Jika Bisnis layanan rumah tangga Anda berupa mobile spa atau salon hewan panggilan yang Anda pilih, Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan perlatan untuk memberikan jasa tersebut. Peralatannya pun tidak besar dan banyak. Jadi, tidak terlalu merepotkan. Kedua, karena mendatangi pelanggan, Anda tak membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha, Anda bisa melakukan usaha di rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu menyiapkan dana untuk sewa tempat ataupun membangun sarana yang menunjang usaha ini. Hal ini tentu membuat biaya operasional pun tidak besar.

2. Sarana Penunjang. Karena Anda yang mendatangi para pelanggan ke rumah dengan membawa sejumlah barang dan perlatan kerja, tentu Anda membutuhkan kendaraan. Jika belum memiliki kendaraan senditi dan modal usaha tak banyak, cari saja kendaraan bekas untuk membantu kelancaran usaha ini. Bisa juga menyewa kendaraan milik teman sebagai permulaan sebelum mampu membelinya sendiri. Kendaraan roda 2 atau roda 4, sesuaikan saja dengan usaha yang Anda jalani. Lalu bagaimana dengan tenaga kerjanya? Tak perlu melakukan semuanya sendiri. Apalagi jika usaha ini adalah pekerjaan sampingan. Untuk tahap awal,carila 1-2 pegawai yang bisa emmbantu. Anda bisa mencari tenaga bantuan dari lingkungan sekitar yang pendidikannya tidak terlalu tinggi dan mau berkerja sesuai usaha yang Anda tekuni. Namun untuk mobile spa, Anda memang perlu mencari karyawan dengan kemampuan tersebut. Kalau pun tisak, Anda perlu member atau mengikutkan karyawan tersebut kursus sesuai pekerjaannya.

3. Jangan Lupa Promosi. Setelah semua persiapan beres, sekarang saatnya Anda memperkenalkan bisnis layanan rumah tangga ini. Ada banyak cara mempromosikan usaha Anda. Selain memberitahukan teman-teman via blog dan situ jejaring sosial, Anda juga bisa menyebarkan brosur. Titipkan brosur tersebut di apartemen, komplek perumahan atau tempat-temapt umum yang memungkinkan. Jangan lupa, dalam brosur atau promo online itu, tonjolkan kelebihan usaha bisnis layanan Anda, yaitu “Bisa dipanggil ke rumah!” Dengan begitu, pelanggan tidak perlu kehilangan waktu karena Andalah yang mendatangi mereka. Bila perlu, berika penawaran khusus pada para pelanggan berupa potongan harga atau gratis sekali untuk pemakaianjasa setelah 5 kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s